Kamis, 16 Desember 2010

Peranan Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia & Komputer.

Cursor
Dalam komputer, kursor adalah sebuah indikator yang digunakan untuk menunjukkan posisi di monitor komputer atau perangkat display lainnya yang akan menanggapi masukan dari input teks atau perangkat penunjuk. Kursor teks berkedip dapat disebut sebagai sebuah tanda sisipan di beberapa kasus. Istilah ini muncul dari sistem Unix yang lebih tua yang menggunakan simbol tanda sisipan sebagai penyisipan teks indikator. Kursor mouse dapat disebut sebagai sebuah pointer mouse, karena bentuknya panah pada beberapa sistem.

Gambar cursor mouse :

Mouse cursor
Interface didorong oleh mouse komputer atau perangkat penunjuk yang lain menambahkan kursor kedua untuk menunjukkan posisi saat mouse pointer. Douglas Engelbart's On-Line Sistem kursor awalnya disebut sebagai "bug" atau "spot pelacakan". Pada Sistem On-Line, penampilan kursor berganti "antara uparrow karakter dan ditambah" Pada sistem modern kursor mouse standar adalah sebuah panah mengarah ke atas dan ke kiri, dan disebut sebagai "pointer mouse".
Gambar cursor mouse :
Cursor saat berada diatas link :
Cursor sedang menunjukan loading :
Dalam user interface teks, termasuk konsol Linux dan banyak MS-DOS program, kursor ini sering persegi panjang padat; tergantung pada antarmuka, persegi panjang selalu bisa menjadi warna tunggal, atau mungkin warna kebalikan dari apapun yang terletak di "bawah" itu. Graphical user interface biasanya menggunakan panah penunjuk ingin menunjukkan posisi mouse, dan garis solid sebagai titik penyisipan teks.
Banyak TUIs dan GUI memberikan pengguna pilihan untuk mematikan kursor mouse ketika teks sedang diketik. Dalam banyak GUI, perubahan kursor mouse bentuk tergantung pada keadaan.

Sebagai Contoh :
• Dalam teks bahwa pengguna dapat memilih atau mengedit, perubahan kursor ke sebuah bar vertikal dengan sedikit cross-bar (atau ekstensi serif seperti melengkung) pada bagian atas dan bawah - kadang-kadang disebut "I-beam" karena menyerupai salib -bagian detail konstruksi dengan nama yang sama.
• Ketika menampilkan dokumen, kursor dapat muncul sebagai tangan dengan semua jari diperpanjang memungkinkan bergulir dengan "mendorong" halaman yang ditampilkan di sekitar.
• Grafik-editing kursor seperti kuas, pensil atau ember cat dapat menampilkan ketika user mengedit gambar.
• Pada tepi atau sudut jendela kursor biasanya berubah menjadi panah ganda (horisontal, vertikal, atau diagonal) menunjukkan bahwa pengguna dapat drag tepi / sudut dalam arah yang ditunjukkan dalam rangka untuk menyesuaikan ukuran dan bentuk jendela .
• Sementara proses komputer melakukan tugas dan tidak bisa menerima input pengguna, kursor tunggu (jam pasir pada Windows sebelum Vista dan sistem lainnya, ring spinning di Windows Vista, menonton di Mac OS klasik, atau bola berputar di Mac OS X) adalah ditampilkan bila kursor mouse pada jendela yang sesuai.
• Bila kursor berada di atas hyperlink, berubah menjadi telapak tangan dengan jari telunjuk terentang. Seringkali beberapa informasi teks mengenai pranala mungkin muncul dalam tooltip, yang menghilang ketika pengguna memindahkan kursor menjauh. The tooltips terungkap dalam kotak tergantung pada pelaksanaan web browser; banyak web browser akan menampilkan "judul" dari elemen tersebut, "alt" atribut, atau non-standar "tooltips" atribut. Ini bentuk kursor pertama kali digunakan untuk hyperlink di Apple Computer HyperCard.
• Dengan fitur kotak Gunakan mouse atau hover, kursor bisa menyajikan informasi tentang apa kursor yang melayang di atas, informasi adalah deskripsi tentang apa memilih elemen aktif adalah untuk atau apa yang akan dilakukannya, tampak hanya ketika stasioner atas konten. Penggunaan umum dari melihat informasi tersebut adalah ketika browsing internet untuk mengetahui tujuan link sebelum memilih itu, jika URL dari teks tersebut tidak dikenali.
• Hotspot kursor mouse pixel kursor mouse yang digunakan untuk klik. hotspot adalah normal sepanjang tepi kursor atau di pusatnya, meskipun mungkin berada pada lokasi manapun di ikon kursor

jalur Pointer
jalur Pointer adalah fitur dari sistem operasi antarmuka pengguna grafis untuk meningkatkan visibilitas kursor mouse. Meskipun dinonaktifkan secara default, jalur pointer telah menjadi pilihan di setiap versi Microsoft Windows sejak Windows 3.1.
Ketika jalan pointer aktif dan mouse digerakkan, sistem akan menunggu beberapa saat sebelum menghapus gambar pointer mouse dari lokasi lama di layar. Salinan pointer mouse tetap ada pada setiap titik yang mouse telah dikunjungi di saat itu, sehingga jejak ular seperti ikon pointer mouse yang mengikuti pointer yang sebenarnya. Bila pengguna berhenti menggerakkan mouse, jejak menghilang dan kembali pointer mouse untuk normal.

Mouse pointer jalan telah disediakan sebagai fitur terutama bagi pengguna dengan visi miskin dan untuk layar di mana jarak pandang rendah dapat menjadi suatu masalah, seperti layar LCD di bawah sinar matahari cerah.
Pada Windows, jejak pointer diaktifkan di Control Panel, biasanya di bawah applet Mouse.
Jejak pointer :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar