Jumat, 19 Maret 2010

Perlukah pengawasan anak lewat webcam...?


Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna. Komputer juga merupakan alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantara sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut.
Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubunkan pemakai computer satu computer dengan compter lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan berselancar di internet. Kegiatan ini dapat dianalogikan layaknya berjalan-jalan di mal sambil melihat-lihat ke toko-toko tanpa membeli apapun.


PEMBAHASAN MASALAH...

1. Haruskah Webcam diinstal diruang kelas agar orangtua dapat mengamati anak-anak mereka dari rumah atau tempat kerja Via Internet?
 Mengingat penggunaan jaringan internet yang kian marak dewasa ini telah mendorong pertumbuhan teknologi dengan koneksi jaringan internet itu sendiri. Teknologi jaringan nirkabel (Wireles Network) atau koneksi Via Internet yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses internet. Namun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam penggunaan jaringan koneksi Via Internet tersebut dapat berjalan dengan aman. Pada perkembangan teknologi saat ini sudah terbilang hebat, jadi dalam pengawasan Orangtua terhadap anaknya untuk melakukan instalnya Webcam pada ruang kelas anaknya. Kita berpikir sangatlah bagus untuk melakukan pengawasan seperti ini agar anak-anak mereka selalu dapat diawasi & tidak melakukan hal-hal yang seharusnya telah dilarang oleh undang-undang negara dengan privasi tertentu. Agar anak-anak juga dapat mengerti apa yang terbaik dan yang seharusnya dia lakukan dalam memanfaatkan teknologi yang telah berkembang saat ini agar tidak mudah terjadinya masalah-masalah yang nantinya berakibat fatal bagi anaknya. Seperti salah satu contoh masalah yang lagi heboh di negara kita tentang penculikan anak dan juga terhipnotisnya anak-anak lewat situs jejaringan sosial Facebook. Makanya dengan pengawasan seperti ini sangat penting bagi kita.

2. Jika seorang tumbuh di lingkungan rumah tanpa komputer atau koneksi internet dan tidak punya akses ke komputer? Internet di sekolah, apakah efeknya akan sangat kentara pada masa depan anak tersebut?
 Sangat berpengaruh karena sebagaimana internet dan world wide web yang telah menjadi trend dalam kebudayaan kita dan menggantikan format media massa lainnya dalam menyampaikan informasi yang dicari, mulai dari informasi pemberitaan, olahraga, cuaca, resep, yellow pages (buku telepon), dan masih banyak hal lainnya yang kesemuanya itu merupakan sebuah cara baru, bukan hanya dalam pemakaian komputer didalam rumah, tapi juga dalam hal pemakaian koneksi internet. Dengan ini anak tersebut dapat mengerjakan tugasnya dengan senang dan membuat anak tersebut bisa mengembangkan pengetahuannya yang dia dapatkan melalui internet dan masa depannya pun semakin luas dengan menggali sejuta informasi melalui internet.

1 komentar:

  1. . blognya keren gan. :) followback yak :) panjisetianto94.blogspot.com

    BalasHapus